Optimisme dan Kekhawatiran Wakil Dekan Fakultas Sospol UIT Terhadap Ekonomi di Indonesia

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Melihat situasi ekonomi yang sedang terjadi saat ini di Indonesia membuat Dr. Henni Zainal.,M.Pd.,M.Si Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Sospol) Universitas Indonesia Timur (UIT) memiliki dua perasaan yang berbeda, yakni rasa optimisme dan kekhawatiran. 

"Situasi ekonomi pasca pandemi, sudah normal, dimana sekolah, perkantoran, mall dan tempat nongkrong para muda mudi sudah mulai di buka. Kiranya perputaran ekonomi sudah membaik, masyarakat kembali menikmati fasilitas umum dan membuka peluang usaha yang dulunya terhenti. Kebijakan pemerintah di implementasikan terkait pemulihan ekonomi baik kebijakan fiskal maupun moneter serta umkm kembali menikmati pertumbuhan usaha mereka itu merupakan sebuah rasa optimis yang harus kita bangun bersama,"tutur Henni. 

Namun di balik itu ada rasa kekhawatiran akibat situasi perang antara rusia dan Ukraina yang menimbulkan gejolak ekonomi dunia, Tapi ia tak mau diterjemahkan sebagai rasa pesimis,karena tak hanya di alami oleh Indonesia hampir semua negara terkena dampaknya.

"Perkembangan ekonomi pasca covid melambat karena adanya perang Rusia dan Ukraina tambah mengakibatkan ekonomi tergoncang terutama pada sektor minyak dan gas, nilai tukar rupiah, sampai harga saham yang anjlok dan permasalahan lain terkait dengan hambatan dalam pertumbuhan ekonomi dunia terkhusus Indonesia."Tambah Henni. 

Ia pun menyarankan agar masalah ini diselesaikan bersama dengan seluruh masyarakat Indonesia ikut turut membantu dalam meningkatkan ekonomi di Indonesia. 

"Tentu saja permasalahan seperti bukan hanya pemerintah yang berperan penting.Kebijakan pemerintah baik fisikal maupun moneter yang di implementasikan sebaiknya di evaluasi untuk memperbaiki kembali yang belum maksimal penerapannya. Sehingga apa yang diterapkan menjadi kebijakan itu betul-betul dijalankan,"Tutup Henni.(rajendra)